Laman

Selasa, 04 Oktober 2011

internet gratis menggunakan parabola dan televisi

pada tulisan berikut mengungkap bagaimana anda dapat menikmati  fasilitas internet dengan menggunakan televisi dan parabola anda dirumah.

menggunakan parabola sebagai akses internet gratis

untuk dapat memperoleh fasilitas internet gratis menggunakan parabola anda dapat DVB card , yaitu sebuah alat untuk menerima siaran tv satelit untuk komputer. menggunan DVB card anda akan dapat langsung akses dari satelit dalam jaringan anda. saat pembelian alat ini anda dapat CD aplikasi gratis untuk grabing file via internet melalui 1 way akses tanpa berbayar dengan kecepatan tinggi untuk download.untuk dapat menggunakan fasilitas ada beberapa cara berikut:


1 way tanpa registrasi alias gratis
Karena gratis tentunya kita tidak bisa memilih. Dengan 1 way tanpa registrasi, kita hanya dapat menampung semua data tanpa bisa memilih ( browsing ). Seolah olah kita menampung air hujan atau biasa disebut Grabbing dikarenakan sebenarnya kita bukan mendownload tapi ikut mengambil data yang sedang diambil oleh orang lain, jadi kita numpang IP mereka.

1 way dengan registrasi
Setiap DVB card memiliki yang dinamakan MAC Address, jika pengguna DVB Card ingin melakukan koneksi internet, maka dia harus mendaftarkan MAC address pada card tersebut, bila card tersevut hilang atau rusak, dia harus melaporkan pula pada penyelenggara / provider. Agar pemakai / user ingin browsing dia dapat mengkombinasi dengan line telpon atau GSM. Cara ini saat ini adalah cara yang termurah dan efisien ( banyak corporate user / warnet menggunakan hal ini ) Perangkat yang digunakan sama seperti perangkat parabola konvensional ( yang ada di rumah ).

2 way dengan registrasi
Sama seperti 1 way, tetapi 2 way memerlukan perangkat yang lebih khusus dan untuk saat ini relatif amat mahal, sehingga hanya perusahaan / instansi tertentu saja yang menggunakan cara ini, karena untuk up stream ataupun down stream tanpa melalui line telpon ( murni dengan satelit ), karena menggunakan VSAT.

Hardware yang diperlukan :

1. Komputer.
Direkomendasikan untuk menggunakan Pentium IV (setara) dengan OS Win XP serta memori yang tinggi (sekitar 512) dan harddisk yang lumayan besar mungkin sekitar 80G. Jangan lupa sisain 1 slot PCI untuk nancapin DVB Cardnya. Kenapa harus Pentium IV, karena kebutuhan Minimum untuk Hardware Computer : Clock speed adalah 700 MHz , Memory 128 MB, VGA 32 MB Hard Disk 40 GB Processor Celeron pun sudah mampu. Dibawah spesifikasi diatas mungkin bisa jalan tapi gambar akan terputus putus.

2. DVB Card.
Untuk saat ini yang paling populer adalah merk SkyStar2. Dengan harga kurang lebih 800ribuan (per januari 2007).

3. Satu set parabola.
Ada dua macam parabola, mesh dan solid. Bentuk parabola mesh adalah yang piringannya (dish) bolong-bolong sedangkan yang solid, piringannyanya (dish) utuh (tidak bolong-bolong). Untuk mesh biasanya penggunaannya pada C-Band dan solid pada KU-Band. Untuk harga, yang mesh (ukuran 10feet) dengan LNBnya atau yang solid (6 feet) dengan LNBnya. Untuk di Indonesia kurang populer channel dengan Ku-Band maka sebaiknya menggunakan parabola model Mesh.
Bagaimana kalau menggunakan parabola yang lama. Disini saya menangkap bahwa yang dimaksud dengan parabola lama adalah parabola yang sudah lama nggak dipakai. Dahulu mungkin sebelum banyaknya relay TV, kita lihat banyak yang memasang parabola. Tapi setelah teknologi broadcasting beralih ke digital. Maka, seakan-akan parabola mati. Mengapa? Karena semua televisi sudah merubah transmisinya ke digital. Sedangkan kita masih menggunakan receiver analog. Sebenarnya kita masih bisa menggunakan parabola tersebut asalkan kita mengganti receivernya (analog) dengan receiver digital (plus kalo bisa mengganti LNBnya dengan LNBF, agar dalam setting tidak mengalami kesulitan). Mungkin karena kurangnya informasi dan masih mahalnya receiver digital akhirnya banyak parabola yang nganggur.

4. Penggerak parabola (optional).
Dengan adanya penggerak, parabola kita bisa bergerak ke arah barat-timur melalui remote. Perlu diketahui bahwa barisan satelit untuk broadcasting adalah menempati garis khatulistiwa. Jadi agar kita bisa menangkap satelit lebih banyak, maka mau gak mau kita harus mempunyai penggerak tersebut. Dengan penggerak tersebut, channel televisi yang bisa kita terima sekitar 300an lebih. Tapi untuk data tidak semua satelit memancarkan (bisa anda lihat di artikel sebelumnya). Dengan menggunakan penggerak kita bisa menangkap kurang lebih 18 satelit (tergantung lokasi). Ada yang bertanya, tanpa penggerak bisakah kita menangkap lebih dari satu satelit ? Jawabannya, Bisa. Asalkan kita memasang lebih dari satu LNB pada parabola kita. Jadi satu LNB mewakili satu satelit. Tapi menurut saya, cara ini kurang “enak” bayangkan taruhlah maksimal kita cuma bisa memasang 5 LNB dalam satu parabola, sedangkan harga

5. LNB 
LNB adalah alat yang ada di ujung Parabola, ada 2 macam C-Band & KU-Band untuk di Jawa pakai C-Band. LNB sudah mendekati harga penggerak (yang kemampuannya bisa menangkap lebih dari 5 satelit). Dan untuk pemasangan 5 LNBF pada satu parabola memerlukan keahlian yang khusus.
Setelah hardware tinggal software nya untuk itu bisa kita gunakan program ProgDVB, PID Scanner + plugin File Grabbler.


ini layak di coba..


menggunakan televisi untuk internet gratis

kalo cara diatas terlalu sulit dan mahal untuk dilakukan dan kita tidak memiliki parabola, maka cara yang lain adalah menggunakan televisi alias tipi untuk dapat memperoleh akses internet gratis.peralatan yang disiapkan hanya televisi (boleh ukuran berapa saja) dan niat untuk kerjasama.sangat cocok buat anak kosan.

hal yang pertama yang dapat dilakukan adalah melakukan riset terhadap teman teman yang memiliki modem dengan fasilitas internet unlimited tetapi tidak memiliki tipi.selanjutnya disebut sebagai korban.

lalu dengan  senyum sapalah korban anda..katakan padanya ada siaran bagus di tv.."ada bola ntar malem ngapain internetan paling cuma pesbukan aja gak bosen tah mendingan nonton tv"..yakin kan korban bahwa menonton tv tidak membosankan.

ketiga ajak lah korban untuk nonton bareng di kosan anda dan jangan lupa bilang "bawa aja modemnya" .

keempat : sampai dikosan anda buat kopi dan siapkan camilan...jangan lupa untuk menghidupkan komputer anda lalu bialng "nyantai ya coy nonton ja dulu , modem lu mana gw pinjem sebentar"..lansung colokin modem nya di komputer dan nikmati fasilitas internet gratis anda.

semoga bermanfaat tips nya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar